• Mengapa Bersyukur Menjadi Senjata Orang Sukses? Inilah Alasan Ilmiahnya

    Kata “sukses” tentu tidak dapat dimaknai dengan sederhana, karena setiap orang akan memaknai kata tersebut dengan persepsinya masing-masing. Selain itu, parameter kesuksesan seseorang tentu berbeda-beda.

     

    Namun, ada satu kunci kesuksesan yang sifatnya universal, yakni bersyukur. Bersyukur terdengar sangat sederhana, bukan? Bagi beberapa orang, mensyukuri kecukupan dalam hidup adalah hal yang mudah untuk dilakukan, namun ada juga orang-orang yang menemukan kesulitan melakukannya.

    Perlu diketahui bahwa bersyukur sebenarnya kunci dari kesuksesan. Orang-orang yang sukses pandai bersyukur, karena mereka tahu rasa syukur membuat mereka merasa segalanya sudah cukup, sehingga tak hanya ia merasa puas dengan pencapaiannya, ia pun memiliki hubungan yang baik dengan orang-orang di sekelilingnya.  

    Penjelasan Ilmiah Syukur Penambah Nikmat 

    Nikmat yang kita dapatkan di dunia ini mampu membuat kita merasa amat bahagia. Tahukah Anda salah satu sumber kebahagiaan itu adalah sikap bersyukur? Ketika kita bersyukur kepada Tuhan atas apa yang kita dapat dan miliki, kita menjadi bahagia.

    Saat kita sudah bahagia dan menjalani pekerjaan dengan lapang dada, maka kesuksesan pun akan dengan sendirinya menjemput. Tidak perlu ragu, karena hal ini sudah mampu dijelaskan secara ilmiah. 

    Pada tahun 2008, ada sebuah jurnal yang diterbitkan oleh Universitas Virginia di Amerika Serikat. Dalam jurnal Scientific Emotion, peneliti S. B. Alqoe dan beberapa rekannya menerbitkan sebuah tulisan bertajuk Beyond Reciprocity: Gratitude and Relationships in Everyday Life.

    Diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia menjadi “Lebih Dari Sebuah Timbal Balik: Bersyukur dan Persahabatan dalam Kehidupan Sehari-hari”. Alqoe dan rekan-rekannya meminta beberapa mahasiswa yang terlibat dalam satu perkumpulan yang sama untuk saling bertukar hadiah.

    Anggota lama di dalam organisasi tersebut diharuskan memberi hadiah kepada para anggota barunya. Kemudian, Alqoe dan peneliti lainnya meminta anggota baru mencatat tanggapan mereka untuk para senior yang telah memberikan hadiah. 

    Setelah beberapa minggu berlalu, Alqoe dan peneliti lainnya melakukan wawancara terhadap para mahasiswa mengenai hubungan mereka setelah pemberian hadiah tersebut.

    Ternyata, ucapan rasa bersyukur karena telah mendapatkan hadiah dari senior membuat kedua generasi dalam organisasi ini semakin dekat. Mereka mengakui bahwa hubungan persahabatan diantara mereka semakin kuat, karena mereka merasa ada orang yang benar-benar peduli pada mereka sehingga perasaan bersyukur itu muncul dan memicu kebahagiaan. 

    Hubungan Sikap Bersyukur Dengan Kesuksesan 

    Lalu bagaimana sikap bersyukur ini mampu mengantarkan seseorang ke depan pintu kesuksesan? Jawabannya sederhana sekali, yakni dapat dilihat melalui apa yang telah diteliti oleh seorang ahli dalam bidang Gratitude Research atau “Penelitian Rasa Bersyukur”, Robert Emmons.

    Ia adalah seorang peneliti dari Universitas Kalifornia di Amerika Serikat. Penelitiannya telah memperlihatkan hubungan sikap bersyukur dengan kesehatan jasmani, rohani dan hubungan antar sesame manusia.

    Penelitiannya dengan spesifik meminta subjeknya untuk mencatat rasa-rasa syukurnya setiap hari. Setelah beberapa lama rutin melakukan itu, subjek penelitiannya menjadi lebih  jarang mengeluh dan lebih sering melakukan kegiatan aktif yang produktif, seperti pergi berolahraga. Hingga akhirnya kualitas hidupnya menjadi lebih baik dari sebelumnya. 

    Emmons memastikan, melalui perbandingan yang ia buat antara orang yang bersyukur dan tidak, orang yang bersyukur lebih mampu menunjukkan sikap menyayangi, memaafkan, gembira, bersemangat dan memiliki prasangka baik terhadap diri mereka dan masa depan.

    Jika sudah begini, sudah bisa dilihat hal-hal baik yang lain pun akan mengikuti orang itu dengan sendirinya. Ketika pikiran diliputi dengan kebahagiaan, orang-orang di sekitar pun akan merasa senang. Dengan hal ini, orang yang bersyukur itu telah berkontribusi terhadap kebahagiaan orang lain.  

    Ketika hubungan dengan orang lain terjaga dengan baik, pintu kesuksesan pun terbuka lebar, karena memang jalan masuknya ada pada orang lain yang merasa kehadiran kita sangat membantu dan membawa kebahagiaan.

    Saat jalan kita sudah dimudahkan, tentunya, semangat untuk mewujudkan cita-cita dan impian pun menjadi semakin berkobar-kobar. Dengan mensyukuri setiap nikmat yang didapatkan setiap harinya, orang yang bersyukur selalu memiliki prasangka baik, juga positif.

    Prasangka seperti ini yang membuatnya tetap bertahan setiap harinya, menjalankan pekerjaan yang sama hari demi hari untuk mencapai apa yang ia inginkan, hingga akhirnya hari itu tiba dimana kesuksesan berbalik menjemputnya. 


    Tags Tags: ,