• Dunia bisnis mampu memberikan keuntungan yang tinggi. Namun, menggelutinya pun membutuhkan pengorbanan yang besar. Tak jarang pebisnis yang terpaksa gulung tikar karena usahanya tersaingi. Perlu digaris bawahi, dunia bisnis memang keras, namun perjuangan itu akan membawakan hasil yang setimpal.

    Inilah 5 Alasan Masuk Akal Bagaimana Bidang Properti Bisa Membuat Anda Menjadi Kaya

     

    Contohnya, dalam dunia bisnis properti Anda bisa menjadi kaya raya, lho. Bisnis properti menjadi bisnis terfavorit banyak orang, karena keuntungannya sangat menjanjikan. Bayangkan, ketika Anda berbisnis dalam bidang valuta asing atau mas, harga jualnya mengalami fluktuasi alias naik turun.

    Berbeda dengan bisnis properti yang selalu naik. Hal ini dikarenakan manusia akan selalu membutuhkan tempat untuk berteduh. Itu hanyalah satu dari sekian banyak alasan mengapa bidang properti bisa membuat Anda menjadi kaya raya. 

    5 Alasan Bisnis Properti Bikin Kaya Raya 

    Banyak sekali orang yang sukses dan kaya dari bisnis properti. Contoh saja Ir. Ciputra yang sekarang kekayaannya mencapai sebesar USD1.6 miliar atau setara dengan 21.6triliun.Ada beberapa alasan yang menjadikan bisnis properti sangat terkenal dan sangat digemari banyak orang. Beberapa alasan yang akan disajikan dibawah ini akan membantu Anda menyelami keuntungan-keuntungan berbisnis properti. 

    Nilai Tambah 

    Ya, di dalam dunia bisnis properti ada yang kita sebut Nilai Tambah atau juga dikenal dengan sebutan Add Value. Lalu, bagaimana Add Value ini bekerja? Nilai tambah muncul ketika sebuah bangunan dikembangkan diatas tanah kosong.

    Ketika bangunan ini diadakan di wilayah yang strategis dan banyak diminati, maka harga jualnya pun mendapatkan nilai tambah. Tahukah Anda bahwa nilai tambah untuk properti di wilayah Jakarta Timur sudah mencapai 100juta hingga 300 juta per tahun. Benar-benar menguntungkan, bukan? 

    Pendapatan Tahunan yang Meningkat  

    Disebut juga dengan Income Appreciation, alasan yang satu ini harus mampu meyakinkan Anda kalau bisnis properti membuat Anda kaya raya. Tidak hanya dengan nilai tambah saja, pendapatan Anda akan terus bertambah, karena tiap tahunnya harga sewa apartemen ataupun rumah akan terus meningkat.

    Selama manusia terus berkembang biak, kita membutuhkan tempat untuk tinggal, selama itu pula bisnis properti ini akan terus naik harganya. Contohnya, di kawasan Bintaro, harga sewa apartemen yang tahun lalu hanya mencapai 150 juta per tahunnya, kini menjadi 200 juta per tahun. 

    Nilai Tanah yang Meningkat 

    Sebuah teori klasik yang pasti kita pelajari saat masih sekolah adalah “Jumlah manusia akan terus bertambah, sedangkan jumlah tanah tetap.”Meskipun kalimat ini memberikan kesan yang mengerikan, ia benar adanya. Jumlah tanah yang semakin hari semakin sedikit ini memicu peningkatan nilai tanah.

    Dulu, tanah pernah dihargai sebesar 300 ribu saja per meternya. Kini, harga tanah bisa melebihi itu. Misalnya, Tanah di Katapang dan Soreang, Bandung dibandrol 2juta hingga 3juta/meter, karena letaknya yang berdekatan dengan tol soroja yang belum lama ini baru dibuka. 

    Investasi dalam Jangkat Panjang 

    Bisnis dalam dunia properti dinilai lebih baik daripada bisnis deposito maupun emas. Kedua bisnis tersebut tidak memiliki horizon (jangka waktu) yang lama, karena sifatnya yang fluktuatif alias naik turun. Sedangkan bisnis properti justru terus naik tiap tahunnya dengan jangka waktu investasi kurang lebih 3 hingga 5 tahun. Hal ini dapat dimengerti dengan begini: 

    Ketika Ibu Budi membeli sebuah tanah dan membangun kos-kosan di atasnya, ia menyewakan kamar tersebut dengan harga 6juta per tahunnya. Dalam kurun waktu 3 hingga 5 tahun ke depan, Ibu Budi sudah mampu balik modal alias mewujudkan capital gain. 

    Daya Pengungkit Investasi yang Tinggi 

    Daya pengungkit investasi yang tinggi atau lebih familiar lagi disebut dengan ungkapan High Leverage Investment. Hal ini merupakan kentungan yang bisa dipanen oleh para investor yang terjun kedalam dunia bisnis properti.

    Untuk lebih jelasnya, kita harus memahami contoh berikut ini: Anda menaruh investasi sebesar 100juta sebagai uang DP. Maka, keuntungan yang akan didapatkan dari uang tersebut bisa mencapai 500juta.

    Mengapa demikian? Hal itu dikarenakan sisanya akan dibayar melalui pembiayaan bank. Inilah yang disebut dengan pengungkit investasi yang tinggi. Bunga investasi properti terus bertambah setiap harinya. 


  • Kata “sukses” tentu tidak dapat dimaknai dengan sederhana, karena setiap orang akan memaknai kata tersebut dengan persepsinya masing-masing. Selain itu, parameter kesuksesan seseorang tentu berbeda-beda.

     

    Namun, ada satu kunci kesuksesan yang sifatnya universal, yakni bersyukur. Bersyukur terdengar sangat sederhana, bukan? Bagi beberapa orang, mensyukuri kecukupan dalam hidup adalah hal yang mudah untuk dilakukan, namun ada juga orang-orang yang menemukan kesulitan melakukannya.

    Perlu diketahui bahwa bersyukur sebenarnya kunci dari kesuksesan. Orang-orang yang sukses pandai bersyukur, karena mereka tahu rasa syukur membuat mereka merasa segalanya sudah cukup, sehingga tak hanya ia merasa puas dengan pencapaiannya, ia pun memiliki hubungan yang baik dengan orang-orang di sekelilingnya.  

    Penjelasan Ilmiah Syukur Penambah Nikmat 

    Nikmat yang kita dapatkan di dunia ini mampu membuat kita merasa amat bahagia. Tahukah Anda salah satu sumber kebahagiaan itu adalah sikap bersyukur? Ketika kita bersyukur kepada Tuhan atas apa yang kita dapat dan miliki, kita menjadi bahagia.

    Saat kita sudah bahagia dan menjalani pekerjaan dengan lapang dada, maka kesuksesan pun akan dengan sendirinya menjemput. Tidak perlu ragu, karena hal ini sudah mampu dijelaskan secara ilmiah. 

    Pada tahun 2008, ada sebuah jurnal yang diterbitkan oleh Universitas Virginia di Amerika Serikat. Dalam jurnal Scientific Emotion, peneliti S. B. Alqoe dan beberapa rekannya menerbitkan sebuah tulisan bertajuk Beyond Reciprocity: Gratitude and Relationships in Everyday Life.

    Diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia menjadi “Lebih Dari Sebuah Timbal Balik: Bersyukur dan Persahabatan dalam Kehidupan Sehari-hari”. Alqoe dan rekan-rekannya meminta beberapa mahasiswa yang terlibat dalam satu perkumpulan yang sama untuk saling bertukar hadiah.

    Anggota lama di dalam organisasi tersebut diharuskan memberi hadiah kepada para anggota barunya. Kemudian, Alqoe dan peneliti lainnya meminta anggota baru mencatat tanggapan mereka untuk para senior yang telah memberikan hadiah. 

    Setelah beberapa minggu berlalu, Alqoe dan peneliti lainnya melakukan wawancara terhadap para mahasiswa mengenai hubungan mereka setelah pemberian hadiah tersebut.

    Ternyata, ucapan rasa bersyukur karena telah mendapatkan hadiah dari senior membuat kedua generasi dalam organisasi ini semakin dekat. Mereka mengakui bahwa hubungan persahabatan diantara mereka semakin kuat, karena mereka merasa ada orang yang benar-benar peduli pada mereka sehingga perasaan bersyukur itu muncul dan memicu kebahagiaan. 

    Hubungan Sikap Bersyukur Dengan Kesuksesan 

    Lalu bagaimana sikap bersyukur ini mampu mengantarkan seseorang ke depan pintu kesuksesan? Jawabannya sederhana sekali, yakni dapat dilihat melalui apa yang telah diteliti oleh seorang ahli dalam bidang Gratitude Research atau “Penelitian Rasa Bersyukur”, Robert Emmons.

    Ia adalah seorang peneliti dari Universitas Kalifornia di Amerika Serikat. Penelitiannya telah memperlihatkan hubungan sikap bersyukur dengan kesehatan jasmani, rohani dan hubungan antar sesame manusia.

    Penelitiannya dengan spesifik meminta subjeknya untuk mencatat rasa-rasa syukurnya setiap hari. Setelah beberapa lama rutin melakukan itu, subjek penelitiannya menjadi lebih  jarang mengeluh dan lebih sering melakukan kegiatan aktif yang produktif, seperti pergi berolahraga. Hingga akhirnya kualitas hidupnya menjadi lebih baik dari sebelumnya. 

    Emmons memastikan, melalui perbandingan yang ia buat antara orang yang bersyukur dan tidak, orang yang bersyukur lebih mampu menunjukkan sikap menyayangi, memaafkan, gembira, bersemangat dan memiliki prasangka baik terhadap diri mereka dan masa depan.

    Jika sudah begini, sudah bisa dilihat hal-hal baik yang lain pun akan mengikuti orang itu dengan sendirinya. Ketika pikiran diliputi dengan kebahagiaan, orang-orang di sekitar pun akan merasa senang. Dengan hal ini, orang yang bersyukur itu telah berkontribusi terhadap kebahagiaan orang lain.  

    Ketika hubungan dengan orang lain terjaga dengan baik, pintu kesuksesan pun terbuka lebar, karena memang jalan masuknya ada pada orang lain yang merasa kehadiran kita sangat membantu dan membawa kebahagiaan.

    Saat jalan kita sudah dimudahkan, tentunya, semangat untuk mewujudkan cita-cita dan impian pun menjadi semakin berkobar-kobar. Dengan mensyukuri setiap nikmat yang didapatkan setiap harinya, orang yang bersyukur selalu memiliki prasangka baik, juga positif.

    Prasangka seperti ini yang membuatnya tetap bertahan setiap harinya, menjalankan pekerjaan yang sama hari demi hari untuk mencapai apa yang ia inginkan, hingga akhirnya hari itu tiba dimana kesuksesan berbalik menjemputnya. 


  • Setiap orang menginginkan kesuksesan di dalam hidupnya. Kesuksesan akan membuat seseorang merasa bahagia, karena kariernya sudah mencapai pintu keberhasilan. Parameter kesuksesan tentunya berbeda pada setiap individu.

    Inilah Hubungan Antara Partikel Quark dan Kesuksesan Seseorang

     

    Ada yang suksesnya dihitung dari seberapa banyak uang yang dimiliki, namun ada juga yang lainnya. Ada satu teori yang sedikit berbeda dari teori-teori keberhasilan pada umumnya, yaitu hubungan antara partikel quark dengan kesuksesan yang dialami oleh seseorang.  

    Makna Partikel Quark 

    Pertama-tama, kita harus memahami partikel quark itu sendiri. Tentunya, pemahaman soal quark tidak bisa dipisahkan dari ilmu fisika. Di dalam dunia ilmiah, partikel quark yang bersatu akan membentuk Hadron, kemudian, Hadron yang stabil akan membentuk Proton dan Neutron. Proton dan Neutron ini nantinya akan membentuk inti atom. Sampai sejauh ini quark belum pernah ditemukan secara isolasi, namun keberadaannya tentu dapat dilihat di dalam Hadron. 

    Partikel quark dibedakan berdasarkan kekuatan massanya.Ada 6 jenis quark, yaitu Up, Down, Strange, Charms, Bottoms, dan Top. Dalam hal ini, Up dan Down memiliki massa yang paling lemah. Meskipun menjadi quark dengan massa terlemah, setelah melalui proses peluruhan partikel, kedua jenis quark ini akan menjadi quark terberat dan terstabil.

    Sedangkan jenis quark yang lain hanya dapat dihasilkan melalui sebuah proses yang dinamakan high energy collision atau tumbukan berenergi tinggi, seperti sinar kosmik. Dari keenam jenis quark yang berbeda tersebut, mereka dapat dikelompokkan lagi menjadi tiga bagian saja, yaitu up dan down, strange dan charm, dan top dan bottom. 

    Fakta Aneh Tentang Partikel Quarks 

    Ada beberapa fakta aneh mengenai partikel quarks yang harus Anda ketahui. Selain bentuknya yang sudah pasti sangat kecil dan tidak bisa dilihat dengan mata telanjang. Quarks juga memiliki beberapa keanehan lainnya. 

    Partikel terkecil 

    Faktanya, partikel quark tidak dapat kita lihat dengan mata telanjang. Tak hanya itu, sampai saat ini belum ada alat yang mampu mengukur quark. Hal ini dikarenakan quark adalah partikel kecil yang membentuk subatom partikel lain bernama Hadron.

    Akan tetapi, beberapa waktu belakangan ini banyak pertanyaan yang muncul mengenai bagaimana quark mempengaruhi perkembangan alam semesta beserta takdirnya. 

    Muncul setelah ledakan besar (the big bang) 

    Salah satu teori yang sangat terkenal mengenai pembentukan alam semesta adalah ledakan besar yang terjadi berjuta-juta tahun yang lalu. Kira-kira 10 menit kurang 12 detik setelah ledakan besar terjadi, partikel ini baru muncul bersamaan dengan munculnya gelombang radioaktif yang terpisah dari gelombang elektromagnetik. 

    Memiliki rasa 

    Bukan hanya es krim yang memiliki banyak rasa, partikel terkecil di dunia ini juga memiliki rasa. Ada sekiranya 6 rasa dari quark. Rasa ini muncul akibat beberapa gaya yang dilakukan oleh partikel itu sendiri, seperti kekuatan dan kemampuan berputar. Dengan kemampuan semacam ini, setiap rasa atau jenis quark bisa berubah-ubah menjadi rasa atau jenis yang berlawanan sesuai dengan perputaran dan kekuatan yang ia hasilkan, misalnya, quark charm bisa berubah menjadi quark strange. 

    Menentukan takdir alam semesta 

    Para peneliti percaya bahwa partikel quark dapat membantu mereka menghitung kehidupan alam semesta dan bagaimana alam semesta itu sendiri akan berakhir. Partikel quark ini dapat membantu para ilmuwan menemukan beberapa kemungkinan. Salah satunya adalah alam semesta yang akan berakhir pada 10 milyar tahun lagi.

    Yang jelas, para ilmuwan menjelaskan ketika quark top lebih berat massanya, maka energinya akan terlalu besar dan meledakkan ruang angkasa. Dari pernyataan tersebut, dapat dipastikan bahwa partikel quark yang ada di alam semesta ini harus seimbang agar tidak terjadi ledakan atau hal apapun yang sifatnya menghancurkan. 

    Hubungan Antara Quarks dengan Kesuksesan Seseorang 

    Dari pernyataan terakhir, bisa kita simpulkan bahwa quarks adalah pembentuk Hadron, dan Hadron adalah pembentuk Proton dan Neutron yang juga ada di dalam tubuh manusia. Partikel quark di dalam tubuh kita harus seimbang, agar tercipta prasangka positif terhadap apa yang akan terjadi di masa depan. Dengan pikiran yang jernih dan positif, tentunya kesuksesan akan menjadi lebih mudah diraih. Hal tersebut menunjukkan bahwa hal terkecil pun sangat berpengaruh terhadap apa yang akan terjadi pada kita, terutama di dalam dunia karier.